Kamis, 17 September 2009

TOOLS DALAM PERANCANGAN SISTEM

Alat-alat yang digunakan dalam perancangan sistem anatara lain :

1. Bagan Alir Sistem
Merupakan bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan sistem. Dan seringkali simbol-simbol bagan alir sistem dapat digabung dengan bagan alir formulir / bagan alir dokumen dalam sutu perusahaan / organisasi untuk menunjukkan hubungan dan prosedur antar sistem informasi dengan sistem-sistem lainnya dalam suatu perusahaan atau organisasi.

2. Diagram Arus Data (DAD)
Merupakan simbol yang digunakan pada tahap analisa untuk memahami sistem secara logika atau arus dari data sistem. DAD sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang talah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan fisik dimana data tersebut disimpan.

3. Kamus Data
Merupakan katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi atau kumpulan data mengenai data-data. Kamus data dibuat berdasarkan arus data yang ada di DAD. Kamus data dibuat pada tahap analisis sistem dan digunakan baik pada tahap analisis maupun pada tahap perancangan sistem. Pada tahap analisis sistem, kamus data digunakan sebagai alat komunikasi antar analisis sistem dengan pemakai tentang data yang mengalir di sistem. Sedangkan pada tahap perancangan kamus data digunakan untuk merancang input, merancang laporan-laporan dan merancang basis data.

4. Jaringan Semantik Tampilan
Merupakan bagan untuk memudahkan pemrogram agar tidak perlu membolak balik lembar kerja pada saat menuliskan program untuk disesuaikan dengan navigasi pada setiap lembar kerja. Jaringan semantik tampilan terdiri dari 2 buah komponen, yaitu nomor tampilan (lembar kerja) dan transisi yang menyebabkan perpindahan ke tampilan yang lain (sesuai dengan isi bagian navigasi pada rancangan tampilan). Dalam jaringan semantik, tampilan diberi notasi sebagai lingkaran dan transisi diberi tanda anak panah dan pada bagian atas atau bawah anak panah perlu dituliskan event yang akan mengakibatkan adanya transisi.

5. Prototipe
Merupakan pendekatan yang diilhami dari perancangan teknik (seperti pembuatan prototipe bangunan oleh arsitek). Penekanan dari teknik ini adalah pada pembuatan suatu model kerja dari sistem final secepat mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pls comment