Kamis, 17 September 2009

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI & DESAIN SISTEM

Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu cara yang sudah tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan untuk organisasi bisnis dengan cara yang menguntungkan. Komponen-komponen yang terkait dalam sistem adalah :
- Masukan : Masukan mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi, masukan harus dikode dengan jelas sesuai kebutuhan dan dengan cara tertentu.
- Model : Cara pengolahan, dengan logika, perhitungan atau pengolahan kata atau tataletak untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
- Keluaran : Keluaran harus jelas, berkualitas dan berguna untuk semu tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
- Teknologi : Alat dalam sistem informasi untuk menerima input, menjalankan model, teknologi terdiri dari tiga bagian yaitu perangkat keras, perangkat lunak dan teknisi.
- Basis data : Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
- Kendali : Sebagai pencegah terhadap hal-hal yang dapat merusak sistem.


Perancangan Sistem

Setelah melakukan tahap analis sistem, tibalah waktunya untuk memikirkan bagaimana membentuk sistem tersebut. Tahap inilah yang disebut dengan perancangan sistem atau desain sistem. Perancangan sistem atau desain sistem dapat diartikan sebagai berikut :
1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem.
2. Pendefinisisan dari kebutuhan-kebutuhan fungsional.
3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi.
4. Menggambarkan bagaimana suatu sistem dibentuk.
5. Yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pls comment