Kamis, 17 September 2009

PENGERTIAN BASIS DATA DAN SISTEM BASIS DATA SERTA TEKNIK PERANCANGANNYA

Basis Data Dan Sistem Basis Data

Basis data merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya. Basis data merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Penerapan basis data dalam sistem informasi disebut dengan sistem basis data. Sistem basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file / tabel yang saling berhubungan (dalam sebuah basis data di sebuah sistem komputer) dan sekumpulan program (DBMS) yang memungkinkan beberapa pemakai untuk mengakses dan memanipulasi file-file atau tabel-tabel tersebut.

Perancangan Basis Data

Perancangan / desain basis data diperlukan agar memiliki basis data yang kompak dan efisien dalam penggunaan ruang penyimpanan, cepat dalam pengaksesan dan mudah dalam pemanipulasian (tambah, ubah, hapus) data. Perancangan basis data ini disebut juga sebagai perancangan model konseptual yang akan menentukan entity / tabel dan relasi yang diinginkan oleh organisasi. Ada 3 teknik dalam perancangan basis data, yaitu :

1. Teknik Normalisasi
Merupakan pengelompokkan data elemen menjadi beberapa tabel, sampai didapatkan perancangan basis data yang optimal. Teknik normalisasi ini terdiri dari beberapa tahap yaitu :
a. Bentuk tidak normal
b. Bentuk normal kesatu (1NF)
c. Bentuk normal kedua (2NF)
d. Bentuk normal ketiga (3NF)

2. Teknik Model Data Logika
Merupakan teknik untuk menjelaskan dengan baik struktur informasi bisnis dan aturan-aturan sebagai masukkan pada proses perancangan basis data. Langkah-langkah dalam teknik ini ditunjukkan dalam satu set kriteria untuk mendapatkan model data logika yang optimal yaitu :
a. Kebenaran struktur
b. Kemudahan untuk dimengerti
c. Tidak redundansi
d. Dapat dipakai secara bersama
e. Mudah dikembangkan
f. Kesatuan

3. Teknik Entity Relationship
Merupakan teknik perancangan basis data menggunakan notasi-notasi simbolik yang mempresentasikan seluruh fakta dari dunia nyata yang ditinjau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pls comment